Pages

Friday, May 9, 2014

Tips Pacaran Jarak Jauh (LDR)

Long Distance Relationship (LDR)


Tidak semua pasangan cukup beruntung to be close for their relationship. For some reason or another there are some people who have to be apart. For things like work, school, etc. It might be a couple towns away, or even across the country. Well, menjaga hubungan tetap awet itu bukanlah hal mudah. In fact, it takes a lot more work than other relationship. Gw juga pernah merasa asin, asam, manis, pahitnya pacaran LDR dari yang berujung putus sampai yang berakhir indah dengan sebuah pernikahan :) kalian yang sedang menjalani LDR pastinya sudah tau bahwa long distance relationship are definitely risky, doesn't mean they are impossible. So, make sure, apakah kamu sudah siap menjalani LDR. Pacaran jarak jauh may be tough but it has it's own surprise too. Gw punya beberapa tips 4 hal yang paling terpenting dalam LDR.


- Komunikasi

Komunikasi ini adalah point penting. Jadi, jagalah komunikasi agar tetap lancar tetapi hindari komunikasi yang berlebihan karena bisa membuat pacar kamu merasa tidak memiliki privasi untuk diri sendiri. Banyak cara untuk berkomunikasi, use the internet and find things you both can do together, seperti skype, YM atau instant messanger lainnya yang menyediakan fasilitas video call, tentunya melalui sms dan juga telephone. Pastikan untuk luangkan waktu kamu untuk mengobrol panjang dengan pacar kamu. Ya minimum sekali seminggu di waktu weekend untuk melepas rasa kangen dan saling bertukar kabar. 

- Kepercayaan

Kepercayaan inilah yang akan menentukan berapa lama hubungan kalian bisa bertahan. Trust each other, without trust, there is no relationsship.
 1. Tidak mudah cemburu & curiga. Cemburu sih wajar karena cinta tetapi jangan terlalu berlebihan karena itu akan merusak hubungan kalian. Contoh:
Doi: "sayang, hari ini aku akan pergi makan malam bersama teman-teman di warteg mpok syalala"
Kamu: (menjawab sambil cemberut) Teman yang mana? Cewek atau cowok? siapa aja yang dateng? Mau ngapain aja? Nanti pulang jam berapa?
Dan bla, bla, bla yang lain. Berilah pasangan kamu kepercayaan dengan menjawab simple.
Kamu : "ok, have fun yah sayang :) Jangan pulang terlalu larut. Take care. Love you"
Let your partner know that they can trust you. Doing everything to show that.
2. Tidak posesif. Melarang boleh selama kamu tau itu untuk kebaikan pasangan kamu tapi jangan terlalu overprotective. Karena pasangan kamu juga butuh ruang untuk melakukan apa yang dia suka tentunya dengan penuh tanggung jawab.  Be positive.
3. Terbuka dan jujur. Sama seperti hubungan pacaran biasa, LDR juga menuntut untuk kejujuran dan keterbukaan kamu terhadap pasangan. Jangan pernah mencoba menutupi sesuatu dengan kebohongan. Ingat, sedikit bohong demi kebaikan tetaplah bohong. Jangan bohong menjadi habit dalam hubungan kalian. ketika kamu ada masalah dengan dia, coba dikomunikasikan dengan baik-baik (jangan dalam emosi) dan cari solusi bersama.

- Kesabaran

I know, I know, it's just not that easy. A big key is making a long distance relationship work is patience. Namanya juga pacaran jarak jauh yah pastinya harus banyak bersabar. Patience with everything from your partner, other people, and time. Jangan terlalu banyak mengeluh karena itu hanya menguras energi kamu. Be patient and be happy.





- Keyakinan

Many people believe that long distance relationship are never going to work out. Mungkin family kamu, teman-teman kamu pernah bicara jangan terlalu serius menjalani LDR. Gw pikir kalau kamu dan pasangan kamu sudah yakin dan serius, just ignore everything they say,. Karena sangat penting untuk kalian yakin dan jangan banyak termakan gossip. Keyakinan bisa dibentuk dengan kepercayaan & komitmen yang sudah kalian buat. Yakinlah dengan diri kamu dan pasangan kamu kalau kalian berdua bisa setia, ini hanya masalah waktu dan akan indah pada waktunya nanti. 




Cinta tidak pernah mengenal waktu dan jarak, stay strong and don't give up :) Semoga tips ini bermanfaat untuk kalian semua.